histats

Flag Counter

Troubleshooting


  
Troubleshooting
Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris,yang merujuk kepada sebuah bentuk penyelesaian sebuah masalah.Troubleshooting merupakan pencariansumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan.Troubleshooting,kadang-kadang merupakan proses penghilangan masalah,dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari sebuah masalah.Troubleshooting,pada umumnya digunakan dalam berbagai bidangseperti halnya dalam bidang komputer,administrasi sistem,dan juga bidang elektronika dan kelistrikan.


Tabel Pendeteksian Masalah:
No
Komponen Pendeteksian Masalah
1
Power Supply Analisa Pengukuran
2
Motherboard
3
Speaker
4
RAM Analisa Suara
5
VGA Card + Monitor
6
Keyboard Analisa Tampilan
7
Card I/O
8
Disk Drive
9
Disket

Dari tabel di atas dapat dikelompokkan dlam 3 analisis yaitu:
  1. Analisa Pengukuran
      Pada tahapan ini,pendeteksian masalah dengan cara mengukur tegangan listrik pada
      komponen nomor 1 sampai 3.Gunakan alat bantu seperti multitester untuk mengukur tegangan yang diterima atau diberikan komponen tersebut.Contoh:Mengukur tegangan listrik yang diterima oleh Power Supply,lalu mengukur tegangan yang diberikan oleh Power Supply ke komponen lainnya.
      2. Analisa SuaraPada tahapan ini pendeteksian masalah menggunakan kode suara (beep)yang dimiliki oleh BIOS dan dapat kita dengar lewat PC Speaker.Pastikan kabel PC Speaker sudah terpasang dengan baik.Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5. Untuk mempermudah pengenalan kode suara tersebut,silahkan simak keterangan berikut  :
      • Bunyi beep pendek satu kali,artinya telah melakukan proses Boot dengan baik.
      • Bunyi beep pendek 2 kali,artinya ada masalh pada konfigurasi atau seting pada CMOS. 
      • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali, artinya ada masalah pada Motherboard atau DRAM.
      • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali ,artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.
      • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali, artinya ada masalah pada keyboard.
      • Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali, artinya ada masalah pada ROM BIOS.
      • Bunyi beep panjang terus-menerus, artinya ada masalah di DRAM.
      • Bunyi beep pendek terus-menerus, artinya ada masalah penerimaan tegangan(power).
      • Pada beberapa merk Moherboard akan mengeluarkan bunyi beep beberapa kali apabila temperatur processornya terlalu tinggi(panas). 
      • Catatan:kode bunyi beep diatas berlaku pada AWARD BIOS,unyuk jenis BIOS yang lain kemungkinan memiliki kode bunyi beep yang berbeda. 
    2. Analisis Tampilan  
    1. Pada tahapan ini pendeteksian masalah cnderung lebih mudah karena letak ,permasalahan dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor.Kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9.Contoh:Pada saat komputer dinyalakan tampil pesan Keyboard Error, maka dapat dipastikan letak permasalahan hanya pada Keyboard. 
    2. Cara Cepat Mengenali Troubleshooting.
    3. Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 6 sampai 9, yaitu pada Keyboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
    4. Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen nomor 4 dan 5, yaitu RAM,VGA Card dan Monitor.
    5. Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalahan ada di komponen nomor 1 dan 2, yaitu Power Supply dan Motherboard.


0 comments on Troubleshooting :

Post a Comment