histats

Flag Counter

teknologi CDMA dan Sejarah CDMA






hp cdma murah
merek hanphone CDMA

hanphone CDMA
TEKNOLOGI CDMA DAN SEJARAH CDMA

Dengan berkembangnya teknologi di jaman sekarang ini pastinya anda sudah mengenal hanphone bukan.. Hanphone memang banyak terjual di pasaran, orang-orang menggunakan hanphone untuk berkomunikasi,  Hanphone juga banyak digunakan oleh orang untuk berbisnis dengan mudah.
Selain itu anda pastinya sudah tau kan???????? bahkan anda sudah mengenal apa itu hanphone CDMA muapun Hanphone GSM. . ..  nah.!? kali ini saya akan membahas tentang TEKNOLOGI CDMA dan SEJARAH CDMA. . langsung saja ke pembahasan. . ..

1.  TEKNOLOGI CDMA
CDMA (Code Division Multiple Access) adalah teknologi akses jamak dimana masing-masing user menggunakan code yang unik dalam mengakses kanal yang terdapat dalam sistem. pada CDMA, sinyal informasi pada tranmitter diberi kode dan disebar dengan bandwitdh sebesar 1.25 MHz (spread spectrum), kemudian pada sistem repeater dilakukan decoding sehingga didapatkan sinyal informasi yang dibutuhkan.
Disamping GSM, pelanggan ponsel di Indonesia sudah pernah mengenal teknologi seluler analog AMPS yang di operasikan oleh Retelindo dan Komselindo, namun karena kualitasnya kurang memuaskan dan coverage-nya terbatas sehingga kurang diminati pelanggan. Kelemahan AMPS lainnya adalah teknologinya yang sudah ketinggalan zaman, sehingga sulit mengikuti perkembangan layanan yang diinginkan pelanggan.

2.  SEJARAH CDMA
Pertama kali teknologi CDMA digunakan oleh kalangan militer Amerika Serikat dalam komunikasi radio. Pada tahun 1990 hak patennya diberikan kepada Qualcomm, Inc. dan dijadikan sebagai standar seluler digital di Amerika Serikat sejak tahun 1933. Keunggulan teknologi ini adalah sangat aman karena tidak dapat digandakan (dikloning). Sehingga teknologi ini sangat cocok bagi penggunaan layanan telepon banking seperti transfer, cek saldo, dan lain-lain.
Jumlah pemakai GSM yang didukung oleh negara-negara Eropa lebih cepat melejit dari pada CDMA di seluruh dunia. pada saat ini pemakai GSM sudah mencapai lebih dari 700 juta, sementara pemakai CDMA baru mencapai 120 juta.
Pada awalnya tahun 1990 muncul GSM dan CDMA dengan varian awalnya secara bersamaan yang tergolong dalam teknologi ponsel genersi kedua (2 G). kemudian para pendukung CDMA yang terdiri dari lembaga pemerintah, industri, perguruan tinggi dan lembaga riset yang membentuk CDG (CDMA Developmet Group). Organisasi tersebut dibentuk untuk mengembangkan CDMA sebagai standar internasional. CDG berhasil mengembangkan varian baru yang dikenal dengan CDMA-2000 di china, korea selatan dan india.Sampai saat ini jumlah pengguna CDMA-2000 di China dan Korea Selatan mencapai lebih dari 80 juta. di Korea Selatan CDMA-2000 (X) dioperasikan oleh SK Telecom of South Korea sebagai infrastruktur layanan telepon seluler generasi ketiga (3 G) yang dapat melayani musik, video, game, pengiriman data, dan internet access berkecepatan tinggi.



3.KEUNGGULAN CDMA
Beberapa keunggulan CDMA-2000 (1X) jika dibandingkan dengan GSM adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai teknologi militer, CDMA sangat tahan tehadap gangguan cuaca dan interferensi, karena noise CDMA sangat rendah sehingga menghasilkan kualitas suara yang sangat baik meskipun dalam keadaan cuaca buruk dalam batas-batas tertentu.
 2.      CDMA tidak dapat digandakan (dikloning) kerena setiap pelanggannya diberikan code yang berbeda dan unik yang sifatnya sulit dilacak kerwna bersifat acak.
 3.      Daya pancarnya yang sangat rendah (1/100 GSM) memungkinkan Hand Phone CDMA irit dalam penggunaan baterainya, sehingga lebih lama digunakan untuk berbicara maupun Stand By.
4.      Kapasitas pelanggan CDMA per BTS (Base Tranceiver Station) dapat mencapai 6000 (10 kali GSM). Hal ini disebabkan CDMA sangat irit dalam pemakaian frekuensinya.
5.      CDMA-2000 (1X) dapat mengirim data dengan kecepatan hingga mencapai 144 Kbps, sementara GSM hanya 9,6 Kbps. Sehinggadapat mendukung layanan SMS, MMS, Main Game dan Download data melalui internet.

0 comments on teknologi CDMA dan Sejarah CDMA :

Post a Comment