histats

Flag Counter

macam-macam softswitch


. SOFTSWITCH
Softswitch adalah sebuah software yg digunakan untuk keperluan sebuah layanan VoIP, softswitch adalah sebuah hardware yg berisi software VoIP seperti :
a.       ELastix
b.      Briker
c.       Asterisk
d.      Asterisk Now
Selain memiliki berbagai perangkat , softswitch juga memiliki kapsitas yaitu harus mampu trafik panggilan minimal 4 juta BHC dan dapat pula ditambah kapsitasnya sesuai kebutuhan . kapsitas sistem ini juga harus disdesain secara modular.

1.ELASTIX
Elastix merupakan sumber Bersatu terbuka Communications Server perangkat lunak yang menyatukan IP PBX, email, IM, fax dan fungsionalitas kolaborasi. Memiliki antarmuka web dan mencakup kemampuan seperti software Call Center dengan panggilan prediktif.

Fungsi Elastix didasarkan pada proyek open source termasuk Asterisk, HylaFax, Openfire dan Postfix. Mereka menawarkan paket PBX, faks, instant messaging dan fungsi email, masing-masing.
Dukungan untuk hardware telepon

Elastix memiliki dukungan yang baik untuk hardware telepon [1]. Ini mencakup driver untuk produsen besar seperti Dinstar, OpenVox, Digium, Sangoma, Peralatan Rhino, Xorcom, dan Yeastar. Yang sebagian besar driver didukung melalui proyek zaptel atau versi yang dimodifikasi dari itu. Driver lain yang didukung oleh proyek mIDSN dan proyek lainnya.

Elastix juga mendukung merek berkat telepon ke protokol SIP dan IAX bahwa Asterisk mengimplementasikan lainnya. Protokol ini didasarkan pada standar yang tersedia publik. Untuk alasan ini setiap produsen dapat membangun sebuah produk yang mendukung mereka. Beberapa produsen yang didukung adalah Polycom, ATCOM, Aastra, Linksys, SNOM, dan Cisco.

2. BRIKER
Briker merupakan distro linux, buatan Indonesia asli, distro ini direlease sekitar bulan Agustus lalu, semoga dengan adanya Briker masyarakat Indonesia dapat membuat server VoIP sendiri dengan biaya komunikasi murah.jadi Indonesia sekarang bisa berkomunikasi dengan biaya murah.
Briker ini adalah satu Operating system untuk aplikasi IPPBX, Briker dengan pintar mencari jalur terhemat untuk telephone dengan interkoneksi ke PSTN, GSM dan CDMA atau provider VoIP lainnya. Briker juga bisa di sebut dengan sentral voip berbasis web. Nah tentunya kita harus registrasi untuk masuk dan berlangganan
Change logs are as follow:
  • [pbx] upgrade to Asterisk 1.8.9.2 (WITHOUT hoard enabled)
  • [pbx] fix briker-patch improperly clean files in /home/support/updates
  • [pbx] fix unable to save CDR due to wrong mysql.sock location on cdr_mysql.conf
  • [pbx] fix dialplans to change deprecated ExecIf format
  • [pbx] fix dialplans to change wrong format on string comparison
  • [pbx] fix extension menu, use amp (&) instead of comma on codec allow/disallow
3. ASTERISK
Asterisk, yang paling populer di dunia sumber proyek komunikasi terbuka, bebas, perangkat lunak open source bisa mengubah computer menjadi sebuah server/voip/IP PBX. Asterisk adalah seperti set erector atau sekotak Lego bagi orang-orang yang ingin membuat aplikasi komunikasi, Asterisk juga mencakup semua blok bangunan yang diperlukan untuk membuat sebuah sistem PBX server untuk server komunkasi yang mudah dan hemat akan biaya Asterisk telah membangun segala sesuatu dari sistem IP PBX yang sangat kecil ke server media pembawa besar. Asterisk pada dasarnya adalah sebuah software telephony yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan fitur-fitur lain yang tidak terdapat pada telepon analog pada umumnya, seperti IVR, Teleconfrence dan lainnya.

Fitur –fitur asterisk ad sbb:

1.Automated Attendant
2.Blacklist
3.Call Detail Record
4.Call forward on busy
5.Call Forward on no answer
6.Trunking
7.Call Quening
8.Call Recording
9.Call Routing
10.Call Transfer
11. Caller ID
12.Conference Bridging
13.Interactive Directory Listing
14.Interactive Voice Responce (IVR)


 4. ASTERISK NOW
AsteriskNow dibangun untuk pengembang aplikasi, integrator sistem, mahasiswa, hacker dan lain-lain yang ingin membuat solusi kustom dengan Asterisk. Pengguna AsteriskNow memiliki dua opsi untuk dukungan. Ada sebuah komunitas aktif pengguna AsteriskNow, integrator dan pengembang yang menyediakan dukungan oleh masyarakat.
Fitur Dan Fungsi?
-          Cepat dan mudah instalasi. Biasanya menginstal dalam 15 menit atau kurang.
-          Tidak memerlukan pengetahuan mendalam tentang Linux. Aman untuk Mac dan Windows pengguna.


KESIMPULAN
Saya memilih softswitch asterisk karena berbasis open source dan dapat di gunakan untuk berbisnis kecil kecilan. Dan memiliki keunggulan yaitu gratis/ tidahk memerlukan biaya yg cukup mahal untuk melakukan usaha.
Demikian dari saya , apa bila ada yg tidak berkenan saya mohon maaf, karna saya baru blajar

1 comments:

Dhavied F hidayat said... on July 31, 2019 at 9:50 PM

Thankyou

Post a Comment